Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Arends (Nurhayati Abbas, 2000:12) menyatakan
bahwa model pembelajaran berdasarkan masalah adalah
model pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran siswa
pada masalah autentik, sehingga siswa dapat menyusun
pengetahuannya sendiri, menumbuhkembangkan
keterampilan yang lebih tinggi dan inquiri, memandirikan
siswa, dan meningkatkan kepercayaan diri sendiri.
Model ini bercirikan penggunaan masalah kehidupan
nyata sebagai sesuatu yang harus dipelajari siswa untuk
melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan
menyelesaikan masalah, serta mendapatkan pengetahuan
konsep-konsep penting. Pendekatan pembelajaran ini
mengutamakan proses belajar dimana tugas guru harus
memfokuskan diri untuk membantu siswa mencapai
keterampilan mengarahkan diri. Pembelajaran berdasarkan
masalah penggunaannya di dalam tingkat berpikir lebih
tinggi, dalam situasi berorientasi pada masalah, termasuk
bagaimana belajar (Nurhayati Abbas, 2000:12).

dihimpun dari berbagai sumber

semoga bermanfaat

 

About these ads
This entry was posted in Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Masalah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s