Karakteristik Siswa dalam Belajar Matematika

Ebutt dan Straker (Depdiknas 2004: 4), menjelaskan bahwa agar
potensi peserta didik di bidang matematika dapat dikembangkan secara
optimal maka karakteristik siswa dalam belajar matematika perlu
diketahui.
Adapun karakteristik tersebut adalah :
1). Siswa akan mempelajari matematika jika mereka mempunyai
motivasi. Implikasinya : Guru memberi kegiatan yang menyenangkan,
menantang, yang memberi harapan, yang dihargai keberhasilannya.
2). Siswa mempelajari matematika dengan caranya sendiri.
Impilkasinya : Siswa belajar dengan cara dan kecepatan yang berbeda,
guru harus tahu kekurangan dan kelebihan siswa.
3). Siswa mempelajari matematika baik secara mandiri maupun
kelompok. Implikasinya : Guru memberikan kesempatan belajar
secara mandiri atau kelompok, melatih kerjasama, mengajarkan cara
mempelajari matematika.
4). Siswa memerlukan konteks dan situasi yang berbeda-beda dalam
mempelajari matematika. Impilkasinya : Guru menyediakan media
pembelajaran yang diperlukan.

About these ads
This entry was posted in Belajar Matematika, Karakteristik Siswa. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s