Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Secara garis besar faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar
siswa (Anonim, 2001) adalah :
a. Faktor dalam yang meliputi :
1. Kondisi fisiologi
Kondisi fisiologi pada umumnya berpengaruh terhadap belajar
seseorang, jika seseorang belajar dalam keadaan jasmani yang segar
akan berbeda dengan seseorang yang belajar dalam keadaan sakit.
2. Kondisi psikologis
Beberapa faktor psikologis antara lain :
a) Kecerdasan
Kecerdasan seseorang besar pengaruhnya dalam keberhasilan
siswa dalam mempelajari sesuatu.
b) Bakat
Selain kecerdasan, bakat juga besar pengaruhnya terhadap
proses dan hasil belajar siswa.
c) Minat
Jika seseorang mempelajari sesuatu dengan minat yang besar,
maka dapat diharapkan hasilnya akan lebih baik. Tetapi jika
seseorang belajar dengan tidak berminat maka hasil yang
diperoleh kurang baik.
10
d) Motivasi
Motiasi adalah dorongan anak atau seseorang untuk melakukan
sesuatu, jadi motivasi adalah kondisi psikologi yang mendorong
seseorang untuk belajar.
Pada dasarnya hubungan motivasi dengan belajar adalah
bagaimana cara mengatur motivasi yang dapat ditingkatkan
supaya hasil belajar dapat optimal sesuai dengan kemampuan
individu.
e) Kemampuan Kognitif
Kemampuan kognitif atau kemampuan penalaran yang tinggi
akan membantu siswa dapat belajar lebih baik dari pada siswa
yang memiliki kemampuan kognitif sedang.
b. Faktor Luar
Yaitu faktor yang berasal dariluar diri siswa yang dapat
mempengaruhi hasil belajar siswa.
Beberapa faktor luar antaralain:
1. Faktor Lingkungan, antaralain:
a) Lingkunga alam, yaitu kondisi alam yang dapat berpengaruh
terhadap proses dan hasil belajar.
b) Lingkungan social, baik yang berwujud manusia atau yang lain
yang langusng dapat mempengaruhi proses dan hasil belajar.
11
2. Faktor Instrumen
Adalah faktor-faktor yang ada dan penggunaannya dirancang sesuai
dengan hasil belajar yang diharapkan. Faktor-faktor ini meliputi:
a) Kurikulum
Kurikulum yang belum mantap dan sering adanya perubahan
dapat mengganggu proses belajar.
b) Program
Program yang jelas tujuannya, sasarannya, waktunya mudah
dilaksanakan, akan dapat membantuproses belajar.
c) Sarana dan Fasilitas
Keadaan gedung dan tempat belajar, penerangan, ventilasi,
tempat duduk dapat mempengaruhi keberhasilan belajar. Sarana
yang memadai akan membuat iklim yang kondusif untuk belajar.
d) Guru dan Tenaga Pengajar
Kelengkapan      jumlah   guru,  cara   mengajar,    kemampuan,
kedisiplinan yang dimiliki oleh setiap guru dapat mempengaruhi
proses dan hasil belajar siswa. Guru yang professional akan
mengembangkan         kemampuannya       melalui      pendekatan.
Pendekatan akan mampu menciptakan suasana aktif sehingga
tujuan yang direncanakan dapat tercapai.

About these ads
This entry was posted in Faktor Instrumen, Faktor Lingkungan, Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar, Hasil Belajar, Kondisi fisiologi, Kondisi psikologis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s