Dinamika Guru dalam Kegiatan Pembelajaran

2. Dinamika Guru dalam Kegiatan Pembelajaran
Menurut Biggs dan Telfer di antara motivasi belajar siswa ada yang dapat diperkuat dengan cara-cara pembelajaran. Acara-acara pembelajaran yang berpengaruh pada proses belajar dapat ditentukan oleh guru. Kondisi ekternal yang berpengaruh pada belajar yang penting adalah bahan belajar, suasana belajar, media dan sumber belajar, dan subjek pembelajar itu sendiri.
a. Bahan Belajar
Bahan belajar dapat berwujud benda dan isi pendidikan. Isi pendidikan tersebut dapat berupa pengetahuan, perilaku, nilai, sikap, dan metode pemrolehan. Bahan belajar dapat dijadikan sarana mempergiat belajar. Guru memiliki peranan penting dalam memilih bahan belajar, pertimbangan-pertimbangan yang perlu diperhatikan oleh guru adalah sebagai berikut:
(1) Apakah isi bahan belajar sesuai dengan sarana belajar?
(2) Bagaimana tingkatan kesukaran bahan belajar bagi siswa?
(3) Apakah isi bahan belajar tersebut menuntut digunakannya strategi belajar mengajar tertentu?
(4) Apakah evaluasi hasil belajar sesuai dengan bahab belajar tersebut?
b. Suasana Belajar
Di samping kondisi fisik, suasana pergaulan di sekolah juga berpengaruh pada kegiatan belajar. Guu memiliki peranan penting dalam menciptakan suasana belajar yang menarik bagi siswa. Beberapa pertimbangan penting dalam rangka menciptakan suasana belajar adalah sebagai berikut:
(1) Apakah gedung sekolah dan kampus sekolah membuat kenyamanan belajar?
(2) Apakah suasana pergaulan antar-orang tua siswa, pegawai-siswa bersifat akrab dan tertib?
(3) Apakah siswa memiliki ruang belajar di rumah?
(4) Apakah siswa memiliki grup yang cenderung merusak tertib pergaulan?
c. Media dan Sumber Belajar
Guru berperan penting dalam memanfaatkan media dan sumber belajar. Beberapa pertimbangan dalam pemanfaatan media dan sumber belajar tersebut adalah sebagai berikut:
(1) Apakah media dan sumber belajar tersebut bermanfaat untuk mencapai sasaran belajar?
(2) Apakah isi pengetahuan yang ada di surat kabar, majalah, radio, televise, museum, kantor-kantor dpat dimanfaatkan untuk pokok pembelajaran tertentu?
(3) Apakah isi pengetahuan ada yang bermanfaat bagi pokok bahasan tertentu?
Secara singkat dapat dikemukakan bahwa guru dapat membuat program pembelajaran dengan memanfaatkan media dan sumber belajar di luar sekolah. Pemanfaatan tersebut bermaksud meningkatkan kegiatan belajar, sehingga mutu hasil belajar semakin meningkat (Woolkfolk & Nicolich, 1984: 307-338).
d. Guru sebagai Subjek Pembelajar
Guru adalah subjek pembelajar siswa. Sebagai subjek pembelajar guru berhubungan langsung dengan siswa. Guru memiliki peranan penting dalam pembelajaran. Diantara peranan guru tersebut adalah sebagai berikut:
(1) Membuat desain pembelajaran secara tertulis, lengkap, dan menyeluruh.
(2) Meningkatkan diri untuk menjadi seorangguru yang berkepribadian utuh.
(3) Bertindak sebagai guru yang mendidik.
(4) Meningkatkan profesionalitas keguruan.
(5) Melakukan pembelajaran sesuai dengan berbagai model pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi siswa, bahan belajar, dan kondisi sekolah setempat.
(6) Guru berperan sebagai fasilitator, pembimbing belajar, dan pemberi balikan belajar.

About these ads
This entry was posted in Bahan Belajar, Media dan Sumber Belajar, Suasana Belajar. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s